Gambaran Neraka Yang Mengerikan Dalam Al-Quran & Sunnah

October032012
Gambar Neraka - Gambar Neraka itu sangatlah mengerikan, gambar neraka pastinya berbanding terbalik dengan gambaran surga yang nikmat. Pernahkan kalian berfikir bahwa kalian besok akan mati dan meninggalkan semua kenikmatan yang ada didunia ini. Mungkin kalau kalian pernah berfikir demikan pasti gambaran yang muncul seketika adalah gambar neraka. Seperti apa itu gambar neraka, apa yang akan kita lalui semisal masuk neraka. Itu hanyalah Allah SWT lah yang mengetahuinya. Gambar neraka pastinya sangat mengerikan sekali bila gambaran neraka itu diambil dari Al-Qur'an. Banyak sekali siksaan yang akan menimpa mereka yang masuk neraka. Didalam neraka'lah semua perbuatan kita selama masih hidup akan dipertanggung jawabkan. Kejahatan, berzina, musyrik, dan perbuatan lainya yang dilarang pasti akan ada akibatnya kelak. Berikut ini gambaran neraka yang mungkin bisa menyadarkan kita dan membuat kita lebih beribadah hanya kepada Allah SWT.

Gambar Neraka

Gambaran NERAKA dalam Al-Quran & Sunnah
gambar%2Bneraka%2B-%2B7%2Bpintu%2Bneraka
Pintu Jahannam
An Naar (Neraka) memiliki 7 pintu yang akan dilewati dari pintu-pintu tersebut oleh para penghuni neraka sesuai dengan kadar dosa dan maksiat yang mereka lakukan di dunia. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya): “Dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengekor-pengekor setan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (Al Hijr: 43-44)

Gambar Neraka
Panas An Naar
Para pembaca yang semoga Allah subhanahu wata’ala tetap melimpahkan rahmat-Nya kepada kita, bahwa An Naar (neraka) itu adalah suatu tempat tinggal yang memiliki daya panas yang dahsyat. Kadar terpanas yang ada di dunia itu belum seberapa dibanding dengan panasnya api neraka. Allah berfirman (artinya):
“Maka, Kami akan memperingatkan kamu dengan An Naar yang menyala-nyala.” (Al Lail : 14)
Bagaimana gambaran dahsyatnya api neraka yang telah Allah subhanahu wata’ala sediakan itu? Hal itu telah digambarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:
“(Panasnya) api yang kalian (Bani Adam) nyalakan di dunia ini merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya api neraka Jahannam.” Para sahabat bertanya: “Demi Allah, apakah itu sudah cukup wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam” Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “(Belum), sesungguhnya panasnya sebagian yang satu melebihi sebagian yang lainnya sebanyak enam puluh kali lipat.” (HR. Muslim no. 2843)

Api neraka itu juga melontarkan bunga-bunga api. Seberapa besar dan bagaimana warna bunga api tersebut? Allah subhanahu wata’ala telah gambarkan hal tersebut dalam surat Al Mursalat: 32-33 (artinya): “Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. Seolah-olah seperti iringan unta yang kuning.”
Berkata Asy Syaikh As Sa’di dalam tafsir ayat ini: “Sesungguhnya api neraka itu hitam mengerikan dan sangat panas.” (Lihat Taisirul Karimir Rahman)

Bagaimana dengan suara api neraka itu? Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Apabila An Naar melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara yang menyala-nyala.” (Al Furqon : 12)
Berkata As Sa’di dalam tafsirnya: “Sebelum orang-orang penghuni sampai ke An Naar, dari jauh mereka sudah mendengar kengerian suaranya yang menggoncangkan dan menyempitkan hati, hampir-hampir seorang dari mereka mati karena ketakutan dengan suaranya. Sungguh api neraka itu murka kepada mereka karena kemurkaan Allah. Dan semakin bertambah murkanya disebabkan semakin besar kekufuran dan kedurhakaan mereka kepada Allah. (Lihat Taisirul Karimir Rahman)
Lalu dari bahan bakar apakah yang dengannya Allah subhanahu wata’ala menjadikan api neraka itu dahsyat dan bersuara yang mengerikan? Ketahuilah, untuk menunjukkan semakin ngerinya dan pedihnya siksaan di neraka, maka Allah subhanahu wata’ala jadikan bahan bakar api neraka itu dari manusia dan batu. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya): “Jagalah dirimu dari (lahapan api) neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Al Baqarah: 24)

gambar%2Bneraka%2B-%2Bsiksaan%2Bpenjara%
Pakaian Penghuni An Naar
Mereka juga akan dikenakan pakaian. Tentu pakaian itu tidak dibuat untuk kenyamanan. Justru pakaian itu sengaja disiapkan untuk menambah kesengsaraan bagi para penghuni nereka. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):
“Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka.” (Ibrahim : 50)
“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka…,” (Al Haj : 19)

Tempat Tidur Penghuni An Naar
Demikian juga mereka telah disiapkan tempat tidur dan selimut. Yang sengaja dibuat untuk menambah kepedihan adzab bagi mereka. Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang zhalim.” (Al A’raf: 41)

gambaran%2Bneraka-%2Balgojo%2Balgojo.jpg
Penjaga An Naar
Allah subhanahu wata’ala juga telah menyiapkan algojo yang siap mengawasi dan menyiksa para penghuni An Naar. Allah memilih algojo (penjaga) itu dari kalangan malaikat. Allah berfirman (artinya):
“Dan tiada Kami jadikan penjaga An Naar melainkan dari malaikat.” (Al Mudatstsir: 31)


gambar%2Bneraka%2B-%2Bmakanan%2Byang%2Bb
gambaran%2Bneraka%2B-%2Bair%2Bminum%2Bya

Makanan Dan Minuman Penghui An Naar
Makanan Yang Berduri
Allah berfirman (artinya):
“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan rasa lapar.” (Al Ghasiyah: 6-7)
“Dan makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih.” Al Muzammil: 13
Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma menjelaskan tentang ayat diatas: Bahwa “makanan yang menyumbat di kerongkongan” itu adalah duri yang nyangkut di kerongkongan yang tidak bisa masuk dan tidak pula keluar. Sehingga makanan itu hanya akan menambah kepedihan dan kesengsaraan.

Tatkala para penghuni neraka haus karena terbakar. Maka Allah subhanahu wata’ala sudah siapkan hidangan minuman bagi mereka yang akan menambah pedih siksaan mereka. Minuman berupa nanah dan air panas yang dapat memotong usus-usus mereka. Allah berfirman (artinya): “Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas..” (Ash Shaffat: 67-68)
“… dan mereka diberi minuman air yang mendidih sehingga memotong usus-usus mereka.” (Muhammad: 15)
“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah.” An Naba’ : 24-25

Referensi artikel :
  1. http://ahnaaf.wordpress.com/2009/12/09/inilah-gambaran-neraka-dalam-al-quran-sunnah/
http://capedeh-2.blogspot.com/2011/11/foto-gambaran-neraka-gambar-gambar.html
Gambar Neraka - Gambaran Neraka diatas hanyalah beberapa saja dari sekian banyaknya siksaan didalam neraka. Ingat semua perbuatan kita didunia ini kelak akan  diminta pertanggung jawaban. Kita didunia ini tidak cukup hanya dengan berbuat baik kepada sesama mahkluk hidup, beriman, beribadah, termasuk apalagi hanya percaya kepada Tuhan, lalu kita akan masuk Surga dan menikmati segala sesuatu yang ada di Surga. Tetapi semuanya perlu kita lakukan secara bersama. Menjalankan semua perintah-Nya dan Menjauhi segala larangan-Nya itulah yang menjadi inti dari segala perbuatan kita. Pernahkah kalian mendengar "hanya percaya kepada Tuhan maka kita akan masuk surga" ?. Berarti melakukan kejahatan, berzina dan lain-lainnya tidak apa-apa asal kita percaya Tuhan, itu sangat-sangat keliru. Ingat, semua perbuatan kita didunia ini kelak bakal ada balasannya.

"(Luqman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. "
dan dalam firmanNya di QS. An Nisa 123 :
"(Pahala dari Allah) itu bukanlah menurut angan-anganmu yang kosong dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain dari Allah."


Gambar Neraka - Mari mulailah menjalankan semua perintah-Nya dan menjahui segala larangan-Nya. Menyembah hanya kepada Allah SWT, Allah Maha Segalanya. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kalian. Dengan melihat dan membaca gambaran-gambaran neraka diatas semoga kita mendapatkan hikmah. Jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi orang lain silahkan share/bagi agar orang lain bisa membaca dan mengetahui gambar neraka diatas.

Sumber: http://www.romes.web.id/2012/04/gambar-gambaran-neraka-yang-mengerikan.html
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

22 tanggapan untuk "Gambaran Neraka Yang Mengerikan Dalam Al-Quran & Sunnah"

Mizan pada 07:54 PM, 03-Oct-12

jangan dinampaki sob, ngeri, takut saya teringat akan semua dosa saya,,

anakdilam pada 08:02 PM, 03-Oct-12

mudah2n kita semua bukan termasuk penghuni dan menjadi kayu bakar neraka tsbt..
thanks renungannya sob!

Ryuuzaki pada 08:14 PM, 03-Oct-12

Kunjungan malam sob smile
maaf jika telat sad
keren,tuh sob biggrin
ane nyimak dulu aja deh cheesy-grin

right-arrow http://excalibur.mwb.im

Raiz17 pada 09:28 PM, 03-Oct-12

ngeri ane kang sad

arizall pada 09:37 PM, 03-Oct-12

wah....jadi ngeri bacax sob.... sadarlah para pembuat dosa...termasuk diriku.....

Ve Zein pada 09:53 PM, 03-Oct-12

semoga kita semua menjadi orang yg sadar sob dan segera bertaubat kembali kejalan yang Lurus, termasuk aku. Aamiin

faisal reza s60V3 pada 04:20 AM, 04-Oct-12

hihh atut . . . . . . . sad

Fo E aD pada 06:11 AM, 04-Oct-12

nice post s0b smile

Ponsel MWB pada 08:03 AM, 04-Oct-12

Waw

Mazaziz pada 10:51 AM, 04-Oct-12

subhanalloh,,,,mudah2 kita semua dijauhkan dari siksa neraka Amiinnn,,,

Basmalah pada 11:20 AM, 04-Oct-12

manfaat bnget bos

THE ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 12:13 PM, 04-Oct-12

Assalamu'alaikum Brader.. smile
Langsung dari Menu Pengguna/Pembaruan Nih..

TerimakAsih Telah Setia Hadir di Blog Kita.

Kalo sempat Like This Ya Brader..
http://m.facebook.com/profile.php?id=272200546230752&refid=5

Admin :
http://roadtohell.mywapblog.com

Muhamadikrom pada 08:05 PM, 04-Oct-12

ba'idna ya alloh minnarh jahannam
di tunggu kunbalnya

choliezDJ pada 11:31 PM, 04-Oct-12

allahuakbar

Maulana pada 10:29 AM, 05-Oct-12

maaf telat sob,
jadi ngeri bacanya

Dokayfc pada 10:57 AM, 05-Oct-12

hadir dan menyimak aja bos ! lol

Bima Prasetyo pada 12:40 PM, 05-Oct-12

ke inget kalo gni, tp nek udah pegi dr blog ini pasti kumat maning

lenardo pada 07:04 PM, 06-Oct-12

ngeri euy. Ada waktu kunbal ea?

yudi van halen pada 10:20 PM, 12-Mar-13

mari sama2 kita kembali ke jalan yg lurus, jalan yg di ridhoi oleh allah swt...amin

Siti Romadhoni pada 04:42 AM, 26-May-13

Ya Allah

Gisus rela afriani pada 02:59 PM, 17-Aug-13

Subhanallah, astaghfirullah.. Sungguh mengeriikan.. neutral

yanti bungsu pada 01:32 PM, 17-Jan-14

tuhan moga jha sya dlindungn oleh allah swt maafn cmua kslahanq ya allah moga sya djauhkan dr api neraka ;;;;;;

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

Komentar terbaru dinonaktifkan pada posting ini.

 
Kembali ke Atas