Cara Membaca Puisi Dengan Baik

June162012

Assalamualaikum Wr. Wb


Kbetulan tgl 19-06-2012, aku akan mengikuti lomba cipta membaca puisi pd acara classmetting sma muhammadyah 1 kota bengkulu, aku mnta doa ksemuanya agar aku bisa lancar dan bisa jadi jawara  #amin, karna kalianlah yang bisa memotivasiku, makanya aku share ini biggrin, hhe


1. Membaca puisi sebagai Apresiasi Puisi


Secara makna leksikal, apresiasi (appreciation) mengacu pada pengertian pemahaman dan pengenalan yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian (Hornby dalam Sayuti, 1985:2002). Sementara itu, Effendi ( 1973: 18 ) menyatakan bahwa apresiasi sastra adalah menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra.


Pada dasarnya, kegiatan membaca puisi merupakan upaya apresiasi puisi. Secara tidak langsung, bahwa dalam membaca puisi, pembaca akan berusaha mengenali, memahami, menggairahi, memberi pengertian, memberi penghargaan, membuat berpikir kritis, dan memiliki kepekaan rasa. Semua aspek dalam karya sastra dipahami, dihargai bagaimana persajakannya, irama, citra, diksi, gaya bahasa, dan apa saja yang dikemukakan oleh media. Pembaca akan berusaha untuk menerjemahkan bait perbait untuk merangkai makna dari makna puisi yang hendak disampaikan pengarang. Pembaca memberi apresiasi, tafsiran, interpretasi terhadap teks yang dibacanya Setelah diperoleh pemahaman yang dipandang cukup, pembaca dapat membaca puisi.


Karena kata “membacakan” mengandung makna benefaktif, yaitu melakukan sesuatu pekerjaan untuk orang lain, maka penyampaian bentuk yang mencerminkan isi harus dilakukan dengan total agar apresiasi pembaca terhadap makna dalam puisi dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar. Makna yang telah didapatkan dari hasil apresiasi diungkapkan kembali melalui kegiatan membaca puisi. Dapat pula dikatakan sebagai suatu kegiatan transformasi dari apresiasi pembaca dengan karakter pembacaannya, termasuk ekspresi terhadap penonton.

 

2. Faktor-faktor Penting dalam Membaca puisi


Setiap bentuk dan gaya baca puisi selalu menuntut adanya ekspresi wajah, gerakan kepala, gerakan tangan, dan gerakan badan. Keempat ekspresi dan gerakan tersebut harus memperhatikan (1) jenis acara: pertunjukkan, pembuka acara resmi, performance-art, dll, (2) pencarian jenis puisi yang cocok dengan tema: perenungan, perjuangan, pemberontakan, perdamaian, ketuhanan, percintaan, kasih sayang, dendam, keadilan, kemanusiaan, dll, (3) pemahaman puisi yang utuh, (4) pemilihan bentuk dan gaya baca puisi, (5) tempat acara: indoor atau outdoor, (6) audien, (7) kualitas komunikasi, ( 8 ) totalitas performansi: penghayatan, ekspresi, (9) kualitas vokal, (10) kesesuaian gerak, dan (11) jika menggunakan bentuk dan gaya teaterikal, harus memperhatikan (a) pemilihan kostum yang tepat, (b) penggunaan properti yang efektif dan efisien, (c) setting yang sesuai dan mendukung tema puisi, (d) musik yang sebagai musik pengiring puisi atau sebagai musikalisasi puisi

 

3. Bentuk dan Gaya dalam Membaca puisi

              

Suwignyo (2005) mengemukakan bahwa bentuk dan gaya baca puisi dapat dibedakan mejadi tiga, yaitu (1) bentuk dan gaya baca puisi secara poetry reading, (2) bentuk dan gaya baca puisi secara deklamatoris, dan (3) bentuk dan gaya baca puisi secara teaterikal.

 

3.1.  Bentuk dan Gaya Baca Puisi secara Poetry Reading


Ciri khas dari bentuk dan gaya baca puisi ini adalah diperkenankannya pembaca membawa teks puisi. Adapaun posisi dalam bentuk dan gaya baca puisi ini dapat dilakukan dengan (1) berdiri, (2) duduk, dan (3) berdiri, duduk, dan bergerak.

Jika pembaca memilih bentuk dan gaya baca dengan posisi berdiri, maka pesan puisi disampaikan melalui gerakan badan, kepala, wajah, dan tangan. Intonasi baca seperti keras lemah, cepat lambat, tinggi rendah dilakukan dengan cara sederhana. Bentuk dan gaya baca puisi ini relatif mudah dilakukan.


Jika pembaca memilih bentuk dan gaya baca dengan posisi duduk, maka pesan puisi disampaikan melalui (1) gerakan-gerakan kepala: mengenadah, menunduk menoleh, (2) gerakan raut wajah: mengerutkan dahi, mengangkat alis, (3) gerakan mata: membelakak, meredup, memejam, (4) gerakan bibir: tersenyum, mengatup, melongo, dan (5) gerakan tangan, bahu, dan badan, dilakukan seperlunya. Sedangkan intonasi baca dilakukan dengan cara (1) membaca dengan keras kata-kata tertentu, (2) membaca dengan lambat katakata tertentu, dan (3) membaca dengan nada tinggi kata-kata tertentu.


Jika pembaca memilih bentuk dan gaya baca puisi duduk, berdiri, dan bergerak, maka yang harus dilakukan pada posisi duduk adalah (1) memilih sikap duduk dengan santai, (2) arah dan pandangan mata dilakukan secara bervariasi, dan (3) melakukan gerakan tangan dilakuakan dengan seperlunya. Sedang yang dilakukan pada saat berdiri adalah (1) mengambil sikap santai, (2) gerakan tangan, gerakan bahu, dan posisi berdiri dilakukan dengan bebas, dan (3) ekspresi wajah: kerutan dahi, gerakan mata, senyuman dilakukan dengan wajar. Yang dilakukan pada saat bergerak adalah (1) melakukan dengan tenang dan terkendali, dan (2) menghindari gerakan-gerakan yang berlebihan. Intonasi baca dilakukan dengan cara (1) membaca dengan keras kata-kata tertentu, (2) membaca dengan lambat katakata tertentu, dan (3) membaca dengan nada tinggi kata-kata tertentu.

 

3.2. Bentuk dan Gaya Baca Puisi secara Deklamatoris


Ciri khas dari bentuk dan gaya baca puisi seacra deklamatoris adalah lepasnya teks puisi dari pembaca. Jadi, sebelum mendeklamasikan puisi, teks puisi harus dihapalkan. Bentuk dan gaya baca puisi ini dapat dilakukan dengan posisi (1) berdiri, (2) duduk, dan (3) berdiri, duduk, dan bergerak.


Jika deklamator memilih bentuk dan gaya baca dengan posisi berdiri, maka pesan puisi disampaikan melalui (1) gerakan-gerakan tangan: mengepal, menunjuk, mengangkat kedua tangan, (2) gerakan-gerakan kepala: melihat ke bawah, atas, samping kanan, samping kiri, serong, (3) gerakan-gerakan mata: membelalak, meredup, memejam, (4) gerakan-gerakan bibir: tersenyumm, mengatup, melongo, (5) gerakan-gerakan tangan, bahu, badan, dan raut muka dilakukan dengan total. Intonasi baca dilakukan dengan cara (1) membaca dengan keras kata-kata tertentu, (2) membaca dengan lambat kata-kata tertentu, (3) membaca dengan nada tinggi kata-kata tertentu.


Jika deklamator memilih bentuk dan gaya dengan posisi duduk, berdiri, dan bergerak, maka yang dilakukan pada posisi duduk adalah (1) memilih posisi duduk dengan santai, kaki agak ditekuk, posisi mriing dan badan agak membungkuk, Dan (2) arah dan pandangan mata dilakukan bervariasi: menatap dan menunduk. Sedang yang dilakukan pada posisi berdiri (1) mengambil sikap tegak dengan wajah menengadah, tangan menunjuk, dan (2) wajah berseri-seri dan bibir tersenyum. Yang dilakukan pada saat bergerak (1) melakukan dengan tenang dan bertenaga, dan (2) kaki dilangkahkan dengan pelan dan tidak tergesa-gesa. Intonasi dilakukan dengan cara (1) membaca dengan keras kata-kata tertentu, (2) membaca dengan lambat kata-kata tertentu, dan (3) membaca dengan nada tinggi kata-kata tertentu.

 

3.3. Bentuk dan Gaya Baca Puisi secara Teaterikal

           

    Ciri khas bentuk dan gaya baca puisi teaterikal bertumpu pada totalitas ekspresi, pemakaian unsur pendukung, misal kostum, properti, setting, musik, dll., meskipun masih terikat oleh teks puisi/tidak. Bentuk dan gaya baca puisi secara teaterikal lebih rumit daripada poetry reading maupun deklamatoris. Puisi yang sederhana apabila dibawakan dengan ekspresi akan sangat memesona.


                Ekspresi jiwa puisi ditampakkan pada perubahan tatapan mata dan sosot mata. Gerakan kepala, bahu, tangan, kaki, dan badan harus dimaksimalkan. Potensi teks puisi dan potensi diri pembaca puisi harus disinergikan. Pembaca dapat menggunakan efek-efek bunyi seperti dengung, gumam, dan sengau diekspresikan dengan total. Lakuan-lakukan pembaca seperti menunduk, mengangkat tangan, membungkuk, berjongkok, dan berdiri bebas diekspresikan sesuai dengan motivasi dalam puisi. Aktualisasi jiwa puisi harus menyatu dengan aktualisasi diri pembaca.Inilah bentuk dari gaya baca puisi yang paling menantang untuk dilakukan.


Smoga sdikit pengetahuan ini akan berguna untuk kalian kelak nanti, saya ucapkan terimakasih!!!


Wassalamualaikum Wr. Wb

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

32 tanggapan untuk "Cara Membaca Puisi Dengan Baik"

Hasan El-Malik pada 03:42 PM, 16-Jun-12

menjiwai akan lebih mengenalol

Sob,nitip gubuk y? Http://amrsite.mwb.im/adab-yang-baik.xhtml lol

Ve Zein pada 04:01 PM, 16-Jun-12

hadir kawan, moga sukses biggrin

Blogmwb.pun.bz pada 04:09 PM, 16-Jun-12

Sorry telad gan,
http://blogmwb.pun.bz/emoticon-onion-mywapblog.xhtml

Gani pada 04:16 PM, 16-Jun-12

Mantap sob , gua simpan dlu nih halaman sp tau aja nanti kepake biggrin

http://gani.heck.in/aplikasi-bom-call-s60v2.xhtml

☆[ Moca Crew® ]☆ | ©2012י pada 04:43 PM, 16-Jun-12

Nice info gan,,

kunbal ea biggrin

anakdilam pada 05:06 PM, 16-Jun-12

Baca artikel ini jadi ingat waktu masa masa sekolah dulu..biggrin
thanks infonya sob!

Boedi Wbs pada 07:18 PM, 16-Jun-12

Saya hadir meramaikan gan
,nice post sangat bermanfaat thanks dah share biggrin

Micho-Cakarz pada 07:28 PM, 16-Jun-12

kunjungan malam sob.. Sukses selalu.. Good luck..cheesy-grin)rangerbiggrin

Gindz_creatiVe pada 08:30 PM, 16-Jun-12

Hdir sob biggrin

Dickydarius pada 09:37 PM, 16-Jun-12

wah kurang ahli ane baca puisi, kalo ngerap ayook!

Dyan Safwa pada 09:41 PM, 16-Jun-12

Hadir sob, mantap biggrin mrgreen

Warkhozs pada 10:53 PM, 16-Jun-12

@ll: mkasih smua'a tlah brknjung mrgreen biggrin ...

Andra33 pada 10:58 PM, 16-Jun-12

hadir gan mantap...8)

Miauw  bassiesT pada 01:12 AM, 17-Jun-12

kumplit sob, ane doain semoga ente menang. Amin

▀▄▀Rafael Anjas Blog Pesik Kuningan▀▄▀ pada 03:04 AM, 17-Jun-12

Hadir Sob...
kunbal yah...
tolong like fp saya :
http://facebook.com/rafancyber

Rohmat Widi pada 07:11 AM, 17-Jun-12

waaah gitu ya caranyabiggrin blognya keren sob, serasa ada di langit pada waktu malam haribiggrin

Ady-_-wy™ pada 07:45 AM, 17-Jun-12

w0w keren sob, br tw ak mlhn

Warkhozs pada 08:17 AM, 17-Jun-12

Rohmat Widi: ane curi css dari orng ni sob, wkwkwk biggrin, hhee engk kok mnta izin dlu dngan yg pnya ..

faisal reza мд与тзя 与60以3™ pada 10:09 AM, 17-Jun-12

Post xg manteb sob,ane mau cabut dulu xa,coz banxak temen2 xg update nie biggrin,salam sukses http://zonatrickers.com

Andie Us pada 01:44 PM, 17-Jun-12

Mantap sob, salam sukses slalusmile

Sutoro Naruto pada 02:21 PM, 17-Jun-12

ane mampir gan kunjungannya

FO E AD pada 03:17 PM, 17-Jun-12

mantab Gan. .

Abudzar pada 04:45 PM, 17-Jun-12

mantap tipsnya gan

Marsuky Pria Punya Selera™ pada 11:10 AM, 18-Jun-12

ikut nyimak sobcheesy-grin

Tio619 pada 12:14 PM, 18-Jun-12

Wkwk.. Udah lama banget ane ga mampir ke sini,, hahaha,,


> bila ga suka , hapus aja ..

Jajang Nurjaman pada 02:53 PM, 18-Jun-12

wow sukses ya sahabat, good luck http://www.wapgarut.tk/iklan-internet-murah-efektif-berkualitas-indonesia.xhtml

Ahmad Hidayat pada 04:42 PM, 24-Jun-12

Sorry bro td blum lengkap link pasanngx,,, skrag udh saya lengkapi,, mksih ats masukanx,,,,, great bro,,,

Muhammad Khoirul Umam pada 03:14 AM, 26-Jun-12

nice pos sob. . . folbek sukses, kunbal ya.

Muhammad Khoirul Umam pada 03:15 AM, 26-Jun-12

nice pos sob. . . folbek sukses, kunbal ya.

tifany pada 01:13 PM, 28-Sep-12

kalau cara menulis puisi yang baik bagaimana ?
thanks smile

Mutiara Handayani pada 06:16 PM, 21-Feb-13

owh gtu ya, pas banget ni jdi'a..soalnya kan aku di sekolahku hri sbtu esok ikut FLS2N mana menulis dan membaca puisi lagi.jadinya buat aku sih ini penting bgt.(thanks ea..^_^

Nida-an khofiyya anak sd 3 pada 02:21 PM, 17-Apr-13

Mksh, jgn lupa doain ak biar bsa juara 1, mau lmba puisi antar sd, tingkat kecamatan

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

Komentar terbaru dinonaktifkan pada posting ini.

 
Kembali ke Atas